Apr 8, 2020

Cerita Misteri dan Cerita Sejarah Gedung Sate Bandung

Baca Juga

Cerita Misteri Indonesia - Cerita Misteri dan Cerita Sejarah Gedung Sate Bandung - Gedung Sate merupakan gedung monumen tempat pusat pemerintahan Provinsi Jawabarat. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda gedung sate bandung ini memiliki nama lama dengan sebutan Gouvernements Bedrijven.

Gedung Sate Bandung Tempat Bersejarah Sekaligus Tempat Penuh Misteri
source foto instagram.com/dudisugandi

Gedung sate memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara bangunnya sehingga berubah nama dari Gouvernements Bedrijven menjadi gedung sate " dalam bahasa sunda baku gedung sate = gedong sate". Johanna Catherina adalah putra sulung dari gubenur Bandung pada masa itu yang meletakan batu pertama dalam pembangunan gedung sate yang diselanggarakan pada tahun 1920 m.

Ir. J.Gerber adalah arsistektur yang tak lepas dari desain tema pembangunan gedung sate yang di bantu oleh masukan dari Dr.Hendrik Petrus Berlage selaku arsistek Belanda yang menyarankan agar tema gedung sate juga memiliki tema nusantara. Para arsistektur masa itu, memuji bangunan gedung sate adalah monumental yang sangat mempesona nan indah, serta di prediksi bangunan kokoh ini akah bediri sampai masa mendatang.

Dikutip dari wikipedia, gedung sate bandung memiliki luas lahan 27.990,859 m² dengan luas bangunan 10.877,734 m².

Sejarah lain menceritakan menara gedung sate ini adalah ornamen yang dengan lambang 6 tusuk sate. 6 tusuk sate ini melabangkan gedung putih pada zamannya ini menghabiskan 6 juta gulden seperti yang di kutip oleh ayobandung.com rabu 19 juli 2017 dengan Judul Menghitung Biaya Pembangunan Gedung Sate dengan Mesin Waktu.

Cerita Misteri Gedung Sate Bandung

Tak lepas dari sejarah tentang luas bangunan, arsistektur, biaya, dan cerita lainnya tentang bangunan megah kota bandung ini. Gedung sate juga menjadi tempat wisata bersejarah yang menyimpan banyak misteri atau cerita horor yang melekat di masyarakat.

Pada perang sengit dalam mempertahankan kota bandung ada 7 pemuda meninggal akibat serangan pasukan Gurkha yang ingin merebut kekuasan. Dan jenazah ke 7 pemudah tersebut dimakamkan dihalaman gedung sate dengan simbol tugu yang tebuat dari batu alam. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 3 Desember 1945, dan pada tahun 1952 jenazah para pahlawan muda tersebut di pindahkan ke pemakaman umum pahlawan di kawasan cikutra. Namun cerita yang beredar dari masa ke masa, tentang adanya jenazah yang tertinggal di bekas pemakaman tersebut dan menjadi tempat angker. Para penjaga gedung sate sudah banyak mengalami bahwa ada mahkluk lain disekitar tersebut dan sering terjadinya penampakan mahkluk astral.

Gedung Sate Bandung Tempat Bersejarah Sekaligus Tempat Penuh Misteri
source foto tribunwiki.com

Kabar yang belum pasti juga datang tentang bangunan megah ini, yaitu tentang adanya "LORONG RAHASIA GEDUNG SATE" meski di bantah oleh pihak pemerintah setempat bahwa tak ada lorong rahasia bawah tanah di gedung sate ini. Namun warga tak begitu percaya karena sudah tersebarnya berita tentang lorong rahasia dari mulut ke mulut. Bahkan ada yang mengejutkan ada penuturan bahwa lorong itu benar-benar ada, dan lorong rahasia tersebut adalah jalan menuju ke gedung pakuan (rumah dinah gubenur jawabawat). Terkabar lagi cerita bahwa tempat ini sudah di tutup secara permanen, lorong tersebut terbilang angker karena carita yang menyebar bahwa lorong tersebut juga bekas para tahanan yang mati sampe membusuk di lorong tersebut.

Dibagian belakang gedung sate juga tak lepas dari cerita misterinya yaitu tentang adanya penampakan kuntilanak berbaju merah, hantu neng siti, kerajaan jin, pohon besar angker, hantu wajah rata dan masih banyak cerita lainnya yang beredar dari masa ke masa tentang misteri yang ada di seputaran gedung sate.

Untuk cerita misteri lengkapnya tentang gedung akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Dan untuk artikel yang saya buat kali ini cukup sampai disini. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan luas bagi kalian yang membacanya, jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke berbagai sasial media kalian. Terima kasih

Sumber
loading...
Share This
Previous Post
Next Post

Cerita misteri atau cerita horror menjadi sesuatu yang menegangkan untuk dibaca. Namun banyak orang yang penasaran akan hal mistis yang berhubungan dengan dunia gaib. Dan disini https://duamisteri.blogspot.com menyajikan cerita misteri indonesia yang diambil dari berbagai sumber

0 comments: